Manfaat Batubara

Batubara memainkan peran penting dalam hal memenuhi permintaan pasokan energi yang aman. Batubara berlimpah dan tersedia luas. Batubara hadir di hampir setiap negara di dunia dengan penambangan komersial dilakukan di lebih dari 50 negara. Batubara adalah bahan bakar fosil yang paling berlimpah dan ekonomis. Pada tingkat produksi sekarang, batubara akan tersedia untuk setidaknya selama 118 tahun - dibandingkan dengan 46 tahun untuk minyak dan 59 tahun untuk gas. Sumber daya batubara menggerakkan pembangunan ekonomi dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah ketergantungan impor dan guncangan harga bahan bakar.

Batubara juga tersedia di berbagai pusat pasar suplai di seluruh dunia. Batubara dapat diangkut ke pusat-pusat permintaan dengan cepat, aman dan mudah dengan kapal dan kereta api. Banyaknya pemasok aktif di pasar batubara internasional menjamin kegiatan yang kompetitif dan efisien. Batubara juga dapat dengan mudah disimpan di pembangkit listrik dan cadangan tersebut dapat dipakai saat keadaan darurat. Tidak seperti gas, minyak atau sumber terbarukan yang intermiten, batubara dapat ditimbun di pembangkit listrik sebagai pasokan cadangan.

Batubara juga merupakan sumber energi yang terjangkau. Harga batubara secara historis lebih rendah dan lebih stabil dibandingkan harga minyak dan gas, dan kemungkinan tetap menjadi bahan bakar yang paling terjangkau untuk pembangkit listrik di negara maju dan negara industrii selama beberapa dekade mendatang.

Listrik berbasis batubara sudah teruji dan sangat handal. Lebih dari 41% listrik global saat ini tergantung pada batubara. Teknologi  yang mapan dan kapasitas teknis dan keahlian pekerja sudah tersebar luas. Kegiatan penelitian yang terus berlangsung memastikan bahwa kapasitas ini akan terus ditingkatkan dan diperluas, memfasilitasi inovasi dalam efisiensi energi dan kinerja lingkungan.

Batubara juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk minyak. Pengembangan industri batubara cair dapat berfungsi untuk melindung risiko keamanan energi akibat harga minyak. Menggunakan cadangan batubara dalam negeri, atau mengakses pasar batubara internasional yang relatif stabil, dapat memungkinkan negara-negara di dunia untuk mengurangi eksposur mereka terhadap volatilitas harga minyak sekaligus menyediakan bahan bakar cair yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi.
thumbnail

Artikel Terkait Aspek Sosial Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia