Cara Agar Diterima Kerja di Perusahaan Pertambangan

Ada ribuan pekerja yang penuh semangat untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan pertambangan (bahkan banyak diantara mereka yang telah memiliki banyak pengalaman).

Jadi bukan hanya Anda, ada ribuan, jika bukan puluhan ribu pekerja yang siap untuk mendapatkan posisi di perusahaan pertambangan - SIAPAKAH YANG BERPELUANG BESAR MENDAPATKAN PEKERJAAN PERTAMBANGAN?

Mari kita cari tahu siapa yang berpeluang besar akan mengisi posisi ini ...

Orang-orang Dengan Pengalaman di Bidang Pertambangan
Jika Anda memiliki pengalaman, pengalaman di bidang pertambangan yang resmi, maka Anda akan jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan di bidang ini. Industri pertambangan memiliki tingkat labour turn over yang tinggi (terutama karyawan yang baru), sehingga mereka tidak akan mau menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mengajari karyawan mengenai apa yang harus dilakukan - jika mereka dapat mempekerjakan seseorang yang sudah mengerti.

Pastinya pengalaman seorang calon karyawan akan memberikan nilai lebih, dan jenis pengalaman terbaik ketika melamar pekerjaan pertambangan tentu saja adalah pengalaman di bidang pertambangan.

Pekerja Asing
Beberapa perusahaan tambang bahkan membawa pekerja dari luar negeri. Hal ini mungkin mengecewakan karena ada banyak calon pekerja yang penuh semangat untuk mendapatkan posisi di bidang pertambangan yang berasal dari negeri kita sendiri. Tetapi, pihak perusahaan tambang jelas memiliki keuntungan dengan membawa para pekerja tambang yang sudah berpengalaman untuk melakukan pekerjaan yang mesti dilakukan secara profesional.

Orang-orang dengan Koneksi
Kita mungkin telah menyadari bahwa ketika melamar pekerjaan ada pepatah yang cukup populer, "Ini bukan mengenai apa yang Anda tahu, tapi siapa yang Anda tahu'. Hal ini terutama untuk orang-orang dengan pengalaman yang terbatas, penting bagi mereka untuk memiliki koneksi kerabat yang sudah bekerja di perusahaan tambang dan membutuhkan pekerja tambahan. Atau hal ini merupakan peluang besar bagi mereka yang memiliki rekan yang sudah bekerja di perusahaan tambang, untuk memberi informasi atau bahkan fasilitas guna mendapatkan pekerjaan di perusahaan itu atau perusahaan lain di daerah tambang tersebut.

Keuntungan dalam hal ini kita dapat mengakses ke 'pasar tenaga kerja tersembunyi', dan menemukan lowongan pekerjaan pertambangan bahkan sebelum mereka diiklankan.

Mereka yang Pantang Menyerah
Banyak kisah sukses yang kita dengar dari orang-orang yang akhirnya mendapat pekerjaan di perusahaan tambang, yang tanpa pengalaman sebelumnya, semua ini menggambarkan seberapa besar komitmen mereka untuk mencari pekerjaan, ada fakta bahwa mereka bahkan tidak hanya mencari kerja di situs lowongan pekerjaan tapi juga mulai menghubungi perusahaan secara langsung, dan fakta bahwa mereka tidak pernah menyerah.

Kerja keras dapat berbuah frustasi, bisa jadi kita sudah melamar begitu banyak posisi dan masih tidak mampu untuk memperoleh pekerjaan di dunia pertambangan. Tetapi sikap pantang menyerah adalah pintu menuju kesuksesan.

Jadi Bagaimana Cara Agar Anda Agar Bisa Diterima Kerja di Perusahaan Pertambangan (Atau Meningkatkan Peluang Anda)?
Tentu saja kecil kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan di pertambangan bila Anda tidak memiliki pengalaman. Tidak ada kursus pertambangan 3 hari yang dapat menjamin Anda mendapat pekerjaan tersebut. Tetapi ada beberapa hal yang dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan di tambang - yang kebanyakan orang tidak lakukan.

  • Follow Up Aplikasi Anda

Sebelum pihak perusahaan mengirimkan surat penolakan, hubungi mereka melalui telepon satu atau dua hari setelah Anda mengirimkan aplikasi Anda (ke perusahaan perekrutan atau perusahaan pertambangan - tergantung pada siapa Anda mengirim lamaran) dan tanyakan apakah mereka menerima resume Anda. Tindakan ini akan menempatkan nama Anda di urutan depan jika mereka belum memilih seseorang, dan juga memberikan Anda kesempatan untuk secara pribadi bertanya apakah ada peluang lain yang tersedia yang mungkin Anda dapat mengajukan permohonan.
Ini adalah tindakan sederhana, sangat jarang dilakukan, tapi akan menunjukkan bahwa Anda memiliki semangat dan benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut.

  • Pertimbangkan Untuk Mendapatkan Pelatihan-Pelatihan Dasar

Ada beberapa pelatihan yang sangat perlu dimiliki oleh pekerja tambang dan menjadi nilai tambah ketika Anda melamar pekerjaan.Yaitu:

  • Pelatihan mengenai Instruksi keselamatan kerja
  • Surat Izin Mengemudi
  • Surat Keterangan Sehat
  • Pindah Ke Kota Pertambangan

Jika perusahaan pertambangan memiliki pilihan antara pekerja lokal atau yang tinggal 500 km jauhnya, yang sama-sama tidak memiliki pengalaman - siapa yang akan mereka pilih? Kadang-kadang mendapatkan pekerjaan tambang berarti Anda harus pindah ke sebuah wilayah pertambangan dan mengambil batu loncat pekerjaan di luar industri yang Anda inginkan, di sektor-sektor penyangga industri pertambangan yang banyak berada di sekitar wilayah tambang.

Tidak ada 'keajaiban', semua hal masih bermuara pada seberapa besar Anda menginginkan pekerjaan di sektor pertambangan dan pendekatan Anda untuk meraihnya. Semoga sukses.
thumbnail

Artikel Terkait Pekerjaan Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia