Keunggulan Batubara: Keberlimpahan dan Biaya yang Rendah

Batubara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang paling melimpah di bumi dan merupakan pemasok energi utama. Batubara adalah produsen terbesar listrik di dunia dengan lebih dari 40% produksi listrik batubara global, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 44% menurut IEA. Konsumsi global batubara dekade terakhir telah tumbuh lebih cepat daripada bahan bakar lainnya.

Batubara juga memiliki banyak kegunaan penting lainnya seperti produksi baja dan manufaktur semen. 6 miliar ton batubara keras dan 909 juta ton batubara coklat digunakan oleh China sebesar hampir 45% dari total konsumsi global.

Batubara juga merupakan salah satu sumber terbesar bagi emmisi karbon dioksida dan bertanggung jawab atas dua kali lipat emisi gas rumah kaca dibandingkan minyak bumi. Batubara dianggap sebagai bentuk energi paling kotor karena emisi karbon yang tinggi, polusi, zat berbahaya seperti merkuri, kematian akibat pertambangan dll. Namun karena harganya yang murah, industrinya yang sudah mapan dan keberadaannya yang berlimpah, membuat batubara sangat diperlukan dalam jangka pendek seperti juga halnya energi nuklir. Pendekatan seperti carbon capture, teknologi batubara bersih terus dipromosikan agar batubara dapat lebih diterima. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama dari batubara:

Keunggulan Batubara
1) Keberlimpahan - Batubara ada hampir secara universal, dapat ditemukan di setiap benua di lebih dari 70 negara, dengan cadangan terbesar di Amerika Serikat, Rusia, Cina dan India.

2) Dapat diproduksi terus-menerus, dapat diprediksi, dan merupakan sumber energi yang dapat diandalkan - Energi berbasis batubara dapat dihasilkan hampir 24 × 7, tidak seperti bentuk energi terbarukan seperti angin dan matahari yang sifatnya intermiten.

3) Modal Investasi Rendah - Modal investasi yang dibutuhkan untuk pembangkit listrik berbasis batubara relatif kurang dari 1-2$/watt. Perlu dicatat, energi angin sedikit lebih tinggi, sementara energi surya bahkan lebih tinggi. Tambang batubara juga cukup murah untuk dibangun dan tambang terbuka menyediakan batubara dengan harga yang sangat rendah.

4) Biaya rendah - Batubara merupakan salah satu bentuk energi termurah sehingga menjadi energi pilihan di negara-negara berkembang seperti India dan China. Di India ada kemungkinan untuk mendapatkan batubara murah hanya $ 20/ton, sementara harga internasional dari berbagai wilayah produksi batubara di kisaran $ 100/ton. Perlu dicatat, listrik berbasis batubara dapat diproduksi di 2-4c/KwH, sebagai sumber listrik termurah.

5) Faktor Beban Tinggi - Pembangkit listrik batubara memiliki faktor beban yang sangat tinggi, lebih dari 80%. Batubara dapat menghasilkan tenaga hampir 24/7 dan hanya membutuhkan penghentian untuk perawatan periodik. Pembangkit batubara yang sudah terlalu tua atau telah dihentikan karena masalah lingkungan masih dapat digunakan untuk menghasilkan daya cadangan.

6) Potensi Besar Dibandingkan dengan Minyak – Potensi energi batubara cukup besar dibandingkan dengan bahan bakar fosil lainnya seperti minyak bumi dan gas. Ada sekitar 1 triliun ton batubara secara global yang diperkirakan dapat dikonsumsi pada penggunaan saat ini selama 200 tahun.

7) Basis Industri yang Besar - Energi Batubara telah hadir sejak awal revolusi industri dengan munculnya mesin uap babubara. Teknologi dan industri batubara, dan pembangkit listrik batubara telah berkembang dengan baik dan matang. Hal ini menyebabkan penyebaran pembangkit batubara yang cepat di banyak tempat di dunia.

8. Batubara ke Cairan dan Batubara ke Gas - Batubara sekarang dipandang sebagai sumber bahan bakar transportasi. Karena minyak semakin langka dan harganya semakin mahal. Unit produksi batubara ke cair sedang dibangun di India dan Cina, meskipun kematangan teknologi dan penggunaan teknologi masih dipertanyakan dengan alasan lingkungan.

Ringkasan
Batubara sudah lama dipakai manusia, basis industri yang matang, harganya yang murah, keberlimpahannya, menjadikan batubara sebagai sumber listrik dan energi utama. Meskipun efek berbahaya terhadap lingkungan, polusi, dan masalah pertambangan telah membuat negara-negara maju memperlambat ekspansi, kapasitas termal China dan India terus melahap batubara dalam jumlah yang sangat besar. Mereka mengimpor jutaan ton batubara. Hal ini tidak hanya menyebabkan harga batubara melonjak, tapi juga meningkatkan kegiatan pertambangan batubara di berbagai belahan dunia terutama di Australia, Afrika dan Amerika Serikat.
thumbnail

Artikel Terkait Tentang Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia