Klasifikasi Batubara

Oleh karena sumber daya batubara telah didistribusikan dan diperdagangkan secara luas, telah banyak diusulkan berbagai sistem nasional untuk klasifikasi batubara. Berbagai sistem klasifikasi nasional telah membuktikan kegunaannya dalam menggolongkan sumber batubara suatu negara dan dapat digunakan untuk membandingkan batubara impor dengan umur geologi dan peringkat yang serupa.

Peringkat memberikan ukuran terhadap jumlah mineral yang telah mengalami proses menjadi batubara atau mengalami perubahan dalam formasinya.

Batubara mengalami tahap-tahap evolusi, dari lignit (batubara coklat), ke subbitumen, bitumen dan akhirnya antrasit. Batubara berubah melalui peringkat-peringkat tersebut, oleh karena peningkatan temperatur dan tekanan menurunkan kandungan air dan menaikkan kandungan karbon. Batubara subbitumen, batubara bitumen dan antrasit dikenal secara kolektif sebagai batubara hitam.

Batubara peringkat rendah, seperti lignit dan batubara subbitumen, biasanya lebih lunak, gembur dengan tampilannya yang kusam seperti tanah; biasanya mempunyai tingkat kelembapan yang tinggi dan kandungan karbon yang rendah sehingga kandungan energinya juga rendah.

Batubara yang peringkatnya lebih tinggi biasanya lebih keras dan kuat serta kerap berwana hitam berkilau seperti kaca (bright coal). Peningkatan peringkat batubara diikuti oleh peningkatan kandungan karbon dan energi dan penurunan kandungan kelembapan pada batubara. Antrasit berada pada tempat teratas dalam skala peringkat dan oleh karena itu memiliki kandungan karbon dan energi yang lebih tinggi dan tingkat kelembapan yang lebih rendah.

Pengembangan satu klasifikasi batubara sederhana yang berlaku untuk semua batubara di seluruh dunia dan dapat diterima oleh dunia industri batubara internasional masih merupakan tantangan yang belum terselesaikan. Organisasi Standar Internasional (ISO) saat ini sedang melakukan pengembangan suatu sistem klasifikasi ISO, yang walaupun sederhana akan didasarkan pada beberapa parameter kunci yang memadai untuk memberikan dasar yang berguna untuk klasifikasi sumber daya batubara dari semua peringkat di seluruh dunia.

PRODUK
BATUBARA
PRIMER
Batubara kokas
BAHAN BAKAR
FOSIL PADAT
Batubara bitumen lain dan antrasit
Batubara subbitumen
Lignit/batubara muda
Gambut
BAHAN
BAKAR
TURUNAN
Patent fuel (Bahan bakar paten)
Kokas coke-oven (dapur kokas)
Gas coke (kokas gas)
Briket
Gas kilang gas (Gas-works gas)
GAS
HASIL PROSES
(MANUFACTURED
GAS)
Gas coke-oven (dapur kokas)
Gas blast-furnace (tanur tinggi)
Gas basic oxygen steel-furnace (tanur baja oksigen basa)

thumbnail

Artikel Terkait Tentang Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia