Komposisi Kandungan Batubara

Batubara adalah mineral yang pada dasarnya berupa unsur kimia karbon. Jumlah kandungan karbon (disebut coalification) tergantung terutama pada saat berlangsungnya konversi dari materi tanaman menjadi mineral. Semakin tua batubara, semakin tinggi persentase karbonnya dan semakin berkurang komponen vegetasi asli-nya, yang berupa fosil, sisa-sisa jaringan tanaman, resin, dll. Dan, tentu saja, semakin tinggi kualitasnya maka batubara tersebut akan memperoleh permintaan pasar yang lebih besar.

Namun, selain itu, coalification dan kandungan kotoran yang ada tergantung pula pada hal-hal lain, khususnya komposisi spesies tanaman yang darimana batubara tersebut terbentuk, pada karakter deposit, sejarah geologi, dll.

Komponen lain yang mempengaruhi jenis batubara adalah sebagai berikut:

  • Air
  • Tanah liat
  • Batu silikat
  • Belerang

Derajat coalification dan kandungan komponen lain penting bagi pola pemanfaatan batubara. Batubara dengan kadar karbon tinggi dan kotoran yang rendah berfungsi untuk kokas, industri kimia dll. Bahan baku dengan kualitas yang lebih rendah digunakan untuk pembakaran dan menghasilkan listrik di pembangkit listrik.
thumbnail

Artikel Terkait Tentang Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia