Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan Batubara

Meskipun batubara merupakan sumber bahan bakar penting dan berlimpah, banyak orang mungkin tidak menyadari berapa lama yang telah digunakan atau berapa banyak yang digunakan saat ini. Dengan melihat penggunaan masa lampau dan kini, kita dapat mengetahui kemungkinan masa depan batubara.

Masa Lalu
Batubara telah digunakan untuk hampir sepanjang perkembangan peradaban manusia. Bahkan, batubara digunakan untuk menyediakan panas oleh manusia gua!

Pada tahun 1300 di tempat yang sekarang disebut Amerika Serikat, penduduk asli Amerika menggunakan batubara untuk memasak, membuat pot tanah liat, dan pemanasan. Pada pertengahan tahun 1700-an, operasi tambang batubara pertama AS dibuka di Virginia.

Arang kayu telah lama digunakan untuk menyediakan bahan bakar di Inggris, tetapi di abad ke-18 ditemukan bahwa batubara dibakar dengan lebih bersih dan panas. Segera setelah itu, penggunaan batubara meroket selama Revolusi Industri, ketika permintaan untuk sumber energi meningkat.

Batubara digunakan untuk bahan bakar boiler pada kereta api bertenaga uap, yang menjadi moda transportasi populer di abad ke-19 Amerika. Pada saat yang sama, batubara telah digunakan dalam produksi senjata selama Perang Amerika, dan kokas (residu batubara) menggantikan arang sebagai bahan bakar utama untuk membuat baja.

Sekitar 100 tahun yang lalu di Amerika Serikat, kelimpahan batubara menyebabkannya digunakan secara luas untuk pemanasan rumah, pembangkit listrik, memberikan panas untuk memasak, menggerakkan kereta api dan kapal laut, dan bahan bakar pabrik.

Masa Kini
Meskipun keberadaan batubara mungkin tidak terlihat luas (oleh piblik) saat ini dibandingkan di sekitar tahun 1900, batubara bahkan lebih menonjol sebagai sumber bahan bakar. Produksi batubara telah meningkat lebih dari 70 persen sejak tahun 1970.

Jika Anda menggunakan listrik, kemungkinan besar Anda seorang konsumen batubara. Sembilan dari setiap 10 ton batubara yang ditambang di Amerika Serikat saat ini menggunakan batubara untuk menghasilkan listrik. Sekitar 56 persen dari listrik yang digunakan di negara Amerika Serikat adalah listrik yang dihasilkan batubara. Demikian juga di India dan China, batubara sangat populer sebagai sumber energi.

Pembangkit listrik hanyalah salah satu penggunaan batubara. Selain itu, manufaktur dan industri menggunakan batubara untuk membuat bahan kimia, semen, kertas, keramik, dan produk logam, dan banyak lainnya. Metanol dan ethylene, dapat dibuat dari gas batubara, yang digunakan untuk membuat produk seperti plastik, obat-obatan, pupuk, dan tar.

Industri tertentu mengkonsumsi sejumlah besar batubara. Misalnya, perusahaan beton dan kertas membakar batubara, dan industri baja menggunakan kokas dan byproduk batubara untuk membuat baja untuk jembatan, bangunan, dan mobil.

Masa Depan
Batubara cukup menjanjikan, di samping banyak cara yang telah ada untuk memanfaatkan batubara, masa depan metode baru dan potensi pertumbuhan terus terjadi. Produk batubara akan segera menjadi bagian dari sistem komunikasi dan transportasi, jaringan komputer, dan bahkan ekspedisi ruang angkasa.

Batubara kemungkinan akan terus menjadi sumber penting dari pembangkit listrik karena tersedia lebih banyak dan hemat biaya dibandingkan minyak dan gas alam. Bandingkan biaya energi tersebut per juta British thermal unit (BTU):

  • Batubara-$ 1,20
  • Minyak-$ 4,45
  • Gas alam-$ 4,30

Meskipun batubara banyak digunakan untuk pembangkit listrik di Amerika Serikat dan di negara-negara di seluruh Eropa, ada kemungkinan akan terjadi peningkatan yang signifikan dalam penggunaan batubara untuk pembangkit listrik di negara-negara seperti China dan India.

Selain penggunaan baru dan peningkatan penggunaan batubara, teknologi baru akan terus meningkatkan kemampuan kita untuk mengidentifikasi bentuk dan komposisi cadangan batubara yang belum dimanfaatkan. Sampel dan informasi tentang lapisan overburden (lapisan atas tanah, lapisan tanah, dan lapisan lainnya dari tanah dan batu yang menutupi lapisan batubara) dapat dianalisis sebelum proses pengambilan batubara yang mahal dimulai. Teknologi baru juga akan terus meningkatkan efek dari produksi dan penggunaan batubara terhadap lingkungan.
thumbnail

Artikel Terkait Tentang Batubara :





 
Copyright © 2013. - www.JualBatubara.com
Informasi Batubara Indonesia